Translate

Minggu, 06 November 2016

Middleware Telematika

  

Pengertian
Middleware merupakan software yang di rancang untuk mendukung pengembangan sistem yang tersebar dengan memungkinkan aplikasi yang sebelumnya terisolasi untuk saling berhubungan. Middleware dapat berfungsi sebagai penerjemah informasi sehingga setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka proses. Middleware sangat dibutuhkan untuk bermigrasi dari aplikasi mainframe ke aplikasi client/server dan juga untuk menyediakan komunikasi antar platform yang berbeda. Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware merupakan istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah program/aplikasi yang telah ada. Perangkat lunak middleware merupakan perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan-pelayanan yang ada di sistem operasi. 


Layanan yang Terdapat Dalam Middleware 
  • Menemukan tempat melewati jaringan secara transparan sehingga dapat menyediakan interaksi dengan service atau aplikasi lainnya. 
  • Mandiri dari service jaringan.
  • Dapat dipercaya dan selalu tersedia.

Middleware menawarkan beberapa keuntungan unik dari teknologi untuk bisnis dan industri. Sebagai contoh, sistem database tradisional biasanya diletakan dalam lingkungan yang dekat dimana pengguna mengakses sistem menggunakan jaringan terbatas atau intranet. Dengan perkembangan fenomena dari World Wide Web, pengguna dapat mengakses database secara virtual dengan berbagai macam jenis akses dari belahan dunia manapun. Middleware mengalamatkan masalah dari berbagai level interoperbilitas diantara struktur database yang berbeda. Middleware memfasilitasi akses transparan untuk melegalkan sistem manajemen database (DBMS) atau aplikasi lewat sebuah web server tanpa memperhatikan karakteristik spesifik database. 
Perusahaan bisnis sering menggunakan aplikasi middleware untuk menghubungkan informasi dari database departemen, misalnya daftar pembayaran, penjualan, dan penghitungan atau database house dalam lokasi geografi yang bermacam-macam. 


Contoh Middleware 
1. Java's : Remote Procedure Call 
2. Object Management Group's : Common Object Request Broker Architecture (CORBA) 
3. Microsoft's COM/DCOM (Component Object Model) - Also .NET Remoting 
4. ActiveX controls (in-process COM components) 


Database middleware yang paling umum digunakan adalah ODBC (Open DataBase Connectivity). Keterbatasan ODBC yaitu bahwa middleware ini di desain untuk bekerja pada tipe penyimpanan relational database. 





Sumber :
http://titasinsi.blogspot.com/2012/10/tentang-middleware-telematika.html

http://fzahrah.blogspot.co.id/2014/11/middleware-telematika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar