Translate

Minggu, 27 Desember 2015

JENIS-JENIS PENGOLAHAN SAMPAH YANG BENAR


Mengolah sampah yang baik dan benar secara rutin merupakan salah satu cara agar dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dan tidak terjadi banjir. Dengan mengelola sampah yang baik dan benar pun dapat membantu mengurangi timbulnya wabah penyakit. Ada beberapa jenis pengolahan sampah yang dapat digunakan untuk megolah sampah, di antaranya :

1. Sampah menjadi Kompos
Sampah biologis, basah atau organik dapat dijadikan kompos dengan cara menimbun sampah tersebut di dalam tanah untuk jangka waktu tertentu hingga membusuk.

2. Landfill
Jenis pengolahan ini adalah yang paling mudah karena hanya membuang dan menumpuk sampah di tanah yang rendah pada area terbuka.

3. Sanitary Landfill
Mirip dengan metode landfill namun sampah tersebut ditutup dan di uruk tanah. Cara ini biasanya menggunakan alat-alat berat dengan harga yang cukup mahal.

4. Pangan dan Makanan Ternak
Sampah yang berupa buah-buahan dan sayur-sayuran yang belum sepenuhnya rusak dapat dijadikan makanan ternak atau binatang lain yang dikembangbiakan. Biasanya, sampah sayur dan buah banyak dijumpai di psar-pasar tradisional yang berserakan dimana-mana.

5. Pulverisation
Pembuangan sampah langsung ke laut lepas setelah dihancurkan menjadi potongan-potongan kecil.

6. Inceneration/Incenerator
Jenis pengolahan ini merupakan pembakaran sampah baik dengan cara sederhana maupun modern secara masal. Teknologi memungkinkan hasil energi pembakaran diubah menjadi energi listrik.










Daftar Pustaka :
www.organisasi.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar