Translate

Minggu, 27 Desember 2015

MANFAAT MEMBACA BUKU


Manfaat yang didapatkan setelah banyak membaca buku yaitu mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas. Secara umum, buku dapat membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait dengan hal yang kita butuhkan. Buku telah disediakan di banyak toko buku yang memberikan kemudahan bagi orang yang senang membaca.

Buku tetap menjadi salah satu media informasi walaupun saat ini sedang berkembangnya media dan fasilitas yang lebih memadai yaitu internet. Hingga kini, buku masih dalam posisi yang banyak dicari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan buku yang dijadikan sarana untuk belajar dan mengajar. Buku dapat dibawa kemana pun, sehingga buku menjadi hal yang mudah di bawa dan dapat dibaca dimana pun berada.


Berikut beberapa manfaat membaca buku :

1. Dapat Menstimulasi Mental
Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memerlukan latihan agar tetap kuat dan sehat seperti organ tubuh yang lainnya. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. 

2. Dapat Mengurangi Stress
Dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan 

3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

4. Dapat Menambah Kosakata
Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita. 

5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori
Dengan membaca buku dapat memberikan andil untuk meningkatkan kualitas otak kita dalam proses mengingat, berbagai macam hal yang telah kita baca. Misalnya saja karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, maupun berbagai macam unsur atau plot dari setiap alur cerita. Setiap memori dapat membantu untuk menempa jalur otak serta memperkuatnya. 

6. Melatih Keterampilan untuk Berfikir dan Menganalisa
Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

7. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
Pada saat membaca buku, kita dapat melatih otak untuk lebih fokus dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca. Hal ini akan melatih kita untuk dapat juga lebih fokus dalam melakukan berbagai macam kegiatan atau rutinitas keseharian.

8. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik
Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat membuat karya tulis sendiri dengan bahasa yang sebaik atau bahkan bisa lebih baik dari apa yang telah kita baca sebelumnya.









Daftar pustaka :
www.shvoong.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar