Translate

Sabtu, 23 Januari 2016

Memelihara Kucing


Saat ini, di Indonesia terdapat berbagai jenis kucing yang dipelihara, baik ras murni maupun campuran. Meskipun begitu, jenis persia adalah jenis kucing yang paling banyak di gemari atau di pelihara oleh pecinta kucing di Indonesia. Sebelum memilih kucing yang akan di pelihara, perlu mempertimbangkan dahulu tujuan mempelihara kucing. Tujuan tersebut akan menentukan jenis kucing yang akan dipelihara karena perawatan dan pemeliharaan setiap jenis kucing berbeda-beda.

Orang yang memelihara kucing untuk tujuan teman bermain tidak akan membeda-bedakan jenis kucing yang dipeliharanya. Kadang-kadang orang tersebut akan mengadopsi kucing liar yang di temuinya di jalan atau tempat lainnya. Berbagai jenis kucing membutuhkan rasa sayang dan perhatian yang sama. Hanya saja, beberapa jenis kucing berbulu panjang lebih membutuhkan perhatian khusus dalam merawat bulu-bulunya.

Sedangkan orang yang memelihara kucing untuk kompetisi harus memiliki kelengkapan sertifikasi silsilah kucing. Kebanyakan kucing yang dikompetisikan berasal dari ras murni dan dirawat secara khusus. Untuk perawatan tersebut, pemilik harus banyak menyediakan waktu luang.

Jika orang yang memelihara kucing untuk tujuan dikembangbiakan biasanya akan mendapat keuntungan apabila bisa menjual hasil pembiakkannya. Kucing ras murni yang dibiakkan akan lebih mahal harganya daripada kucing ras campuran. Sama dengan halnya memelihara kucing untuk kontes, pemelihara kucing dengan tujuan dikembangbiakkan juga harus punya waktu luang untuk merawat kucingnya. Selain itu, pemilik juga harus menguasai cara pembiakan yang benar agar kucing-kucing yang dihasilkannya berkualitas baik.

Sebagai hewan kesayangan, kucing membutuhkan perhatian dari pemiliknya sepanjang waktu. Jila seseorang telah memutuskan untuk memelihara kucing dirumah, maka konsekuensinya harus bertanggung jawab atas piaraannya tersebut, dari mulai merawat bulunya, memberi makanan yang baik, dan menyediakan pasir yang bersih untuk tempat kotorannya. Selain itu, kucing juga harus diberi vaksin beberapa bulan sekali agar terhidar dari penyakit.

Umumnya, kucing mudah untuk menyesuaikan diri dengan hewan lain yang ada dirumah seperti burung dan anjing. Jika dirumah sudah ada kucing lain yang dipelihara, mungkin mereka akan menolak kehadiran pendatang baru tersebut. Namun, secara perlahan mereka akan beradaptasi. Biasanya anak kucing yang lebih mudah untuk menerima pendatang baru. Bukan berarti kucing dewasa tidak dapat menerima pendatang baru, hanya saja kucing dewasa membutuhkan waktu untuk penyesuaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar