Translate

Sabtu, 23 Januari 2016

Pentingnya Komunikasi untuk Menjalin Persahabatan


Setiap orang pasti memiliki sahabat. Umumnya persahabatan tumbuh karena kebutuhan adanya orang yang dapat dipercaya untuk dapat berbagi cerita, melakukan kegiatan bersama, dan lain-lain. Menjalin persahabatan penting karena agar dapat berinteraksi sosial dengan maksud menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa kepercayaan, saling menghormati, dan menyayangi orang lain dalam menjalani kehidupan. 

Saat melakukan interaksi dengan orang lain untuk menjalin persahabatan sebenarnya merupakan proses komunikasi. Proses komunikasi ini merupakan salah satu pendorong semangat hidup dalam menjalin persahabatan. Persahabatan tidak hanya sebatas pada tegur sapa atau bercengkrama saja, tetapi persahabatan erat kaitannya dengan hati.

Persahabatan yang dijalin melalui komunikasi akan memberikan warna baru dan menjadi lebih menyenangkan bagi kehidupan. Hal ini terjadi karena masing-masing dapat mengungkapkan isi hati, menyayangi, menguatkan, menghibur, memberi pendapat, memberi saran, dan salig melengkapi satu sama lain. Bahkan dapat lebih menguntungkan lagi karena bisa memberikan pengaruh positif baik dalam prestasi, pengembangan diri, interaksi sosial, maupun dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Akan tetapi, dapat menimbulkan kemungkinan buruk juga, yaitu komunikasi tidak berjalan dengan baik maka dan juga sahabat memberikan rasa nyaman namun membuat kehidupan menjadi pribadi yang lebih buruk.

Memelihara keutuhan sebuah persahabatan bukanlah hal yang mudah. Komunikasi yang dilakukan juga bisa menyebabkan kesalahfahaman. Bila terjadi kesalahfahaman dan tidak segera diselesaikan dengan komunikasi yang baik maka dampaknya akan sangat terasa bagi diri sendiri maupun sahabat. Seorang sahabat akan selalu ada untuk memberikan saran, pendapat, dan solusi apabila sedang ada masalah.

Untuk bisa menjalin persahabatan dengan baik, maka yang harus dilakukan di antaranya yaitu berani menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Persahabatan menjadi tidak menyenangkan lagi bila ternyata salah satu pihak dapat menerima kelebihan tetapi tidak dapat menerima kekurangan ataupun sebaliknya dapat menerima kekurangan tetapi tidak bisa menerima kelebihannya.

Kemudian melakukan komunikasi yang wajar, siap jadi tempat berbagi cerita. Sahabat yang baik siap menjadi tempat cerita baik dalam hal senang maupun susah. Lalu bersikap jujur terhadap satu sama lain. Berkatalah apa adanya dan jangan melebih-lebihkan atau membuat cerita lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar