Translate

Sabtu, 23 Januari 2016

Pelestarian Hewan Langka


Meskipun pemerintah sudah melarang jual-beli spesies hewan langka, namun kenyataannya masih ada saja orang-orang yang tidak mempunyai hati nurani menangkap dan menjual hewan-hewan langka dan populasinya semakin berkurang. Dengan berbagai motif, manusia berusaha memiliki secara pribadi hewan-hewan langka tersebut. Apalagi, ketik pasar domestik atau pasar internasional berani membeli spesies hewan langka dengan harga tinggi, semakin tinggi pula pelanggaran terhadap aktifitas tersebut.

Untuk itu, diperlukan langkah yang nyata dalam proses pelestarian hewan langka tersebut. Itu merupakan upaya untuk menjaga agar hewan-hewan tersebut tetap terjaga dan memiliki habitatnya sehingga keberadaan hewan-hewan tersebut tetap akan berlangsung terus-menerus. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan langka :

1. Memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian hewan langka untuk tetap hidup di habitatnya. Proses pelestarian hewan langka merupakan tanggung jawab bersama, jangan hanya mengandalkan pemerintah karena kita sebagai masyarakat turut andil dalam melestarikan hewan-hewan langka tersebut misalnya dengan tidak mengusik tempat hidupnya, tidak mengganggu aktifitas hewan tersebut, dan masih banyak lagi.

2. Mendukung setiap aktifitas pelestarian hewan langka yang dilakukan oleh lembaga peletarian lingkungan. Caranya dengan membantu kampanye serta memberikan dukungan finansial dan moral.

3. Membuat tempat penangkaran bagi hewan-hewan langka agar dapat berkembang biak untuk selanjutnya melepas hewan-hewan tersebut ke alam bebas agar dapat hidup sesuai pada habitatnya.

4. Tidak melakukan pemburuan hewan langka dan apabila mengetahui ada oknum yang melakukan pemburuan liar maka segeralah laporkan kepada pihak yang berwajib. Dengan begitu, kita sebagai masyarakat ikut membantu dan menjaga kelestarian hewan-hewan langka tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar