Translate

Minggu, 19 Juni 2016

Adab Terhadap Orangtua (13)

Orangtua merupakan orang yang harus mendapatkan penghormatan secara tulus dari anaknya, apalagi kalau melihat jasa dan pengorbanannya, tentu saja tidak ada orang yang paling berjasa selain orang tua. Anak di kandung  oleh ibunya selama sembilan bulan. Selama sembilan bulan itu, ibu merasakan kepayahan dan kesusahan membawa kandungannya yang semakin lama semakin berat, di samping harus memberikan perhatian dan kasih sayang. Di balik kepayahan itu tersimpan rasa kebanggaan dan kebahagiaan sang ibu. Dia tidak pernah mengeluh dan bosan.
Setelah lepas dari kehamilannya, disusul dengan merawat anaknya yang sudah lahir. Adapun orang tua tidak mengharapkan balas jasa dari anak atas semua pengorbanan yang diberikan kepada anak tersebut. Harapan orang tua hanya satu, yaitu kelak anaknya menjadi anak yang saleh atau salehah, memberi kebahagiaan bagi orang tua di dunia dan selalu mendoakan mereka.
Semua perbuatan baik anak apabila disaksikan oleh orang tua maka akan menjadi kebanggaan bagi orang tua. Sebaliknya, setiap tindakan anak yang tidak disenangi oleh orang tua termasuk perbuatan mendurhakai orangtuanya, baik dihadapan mereka ataupun tidak di hadapan mereka.

Beberapa contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, yaitu :
  1. Tidak mengucapkan perkataan "ah" kepada orang tua.
  2. Tidak boleh membentak atau memarahi orang tua.
  3. Mengucapkan kata-kata yang mengangkat kemuliaan dan kehormatan orang tua.
  4. Merendah diri di hadapan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar