Translate

Minggu, 26 Juni 2016

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dari seluruh bahasa di pelosok tanah air, dari Sabang hingga Merauke. Bahasa merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berasal dari negeri sendiri sehingga kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa karena dapat bersatu dalam keanekaragaman budaya dan berbagai bahasa di daerah.

Setiap daerah mempunyai bahasa, logat, atau dialek tersendiri di daerah masing-masing. Dialek dan logat tersebut sangat melekat dengan diri mereka. Kemana pun mereka pergi, selalu bangga dengan bahasa daerah mereka. Selain dialek, bahasa daerah yang digunakan tiap masyarakat di Indonesia juga melambangkan identitas di tiap daerah, tak terkecuali juga di luar daerah mereka.

Bahasa Indonesia juga dapat dijadikan sebagai identitas bangsa. Bahasa yang menjadi identitas bangsa adalah hal yang harus disyukuri. Bahasa indonesia wajib digunakan dalam peraturan perundangan, dokumen resmi negara, dan pidato resmi presiden atau wakil presiden atau pejabat negara yang disampaikan di dalam atau di luar negeri. Penggunaan bahasa Indonesia juga dipakai sebagai pengantar dalam pendidikan nasional.

Mempelajari bahasa asing bukanlah hal yang dilarang, pada kenyataannya memang perlu mengetahuinya. Tetapi pengetahuan tersebut jangan sampai menjadikan bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia tersisihkan oleh bahasa asing. Bahasa Indonesia akan terus ada dan tidak akan hancur atau sirna selama anak bangsa menghormati keberadaannya, melestarikan, dan menjaga keutuhan simbol persatuan bangsa.

Ada beberapa definisi bahasa yang perlu diketahui, yaitu :
1. Bahsa adalah sebuah simbol yang digunakan untuk komunikasi manusia.
2. Bahasa terdiri dari dua sistem, yaitu sistem makna dan sistem bunyi. Sistem makna adalah sistem yang dikaitkan hubungannya dengan penalaran sedangkan sistem bunyi dikaitkan hubungannya dengan suara.
3. Bahasa tidak sepenuhnya dapat mengartikan atau menjelaskan perbedaan, tetapi bisa disempurnakan melalui bahasa isyarat atau dari gerakan tubuh.
4. Bahasa merupakan hal yang menunjukan bahwa perantara pokok dari bahasa adalah suara dan itu adalah suara untuk semua bahasa, bukan hanya masalah tentang perkembangan sistem penulisan bahasa.

Peran bahasa dalam keberlangsungan hidup sangatlah penting. Oleh karena itu, marilah dari sekarang cintai dan hargai bahasa. Dengan mencintai dan menghargai bahasa berarti kita turut dalam melestarikan dan menjaga fungsi dari bahasa. Jangan sungkan atau malu untuk menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah yang terdapat di setiap pelosok tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar