Translate

Minggu, 26 Juni 2016

Usaha Pelestarian Lingkungan (19)


Melestarikan lingkungan merupakan suatu keharusan yang tidak bisa di tunda lagi karena mulai dari diri kita sendiri harus sadar akan kerusakan lingkungan yang semakin terus terjadi. Lingkungan adalah tempat tinggal kita, apabila sudah rusak maka lingkungan tidak nyaman lagi untuk kita tempati. Sekecil apapun usaha yang kita lakukan untuk tetap menjaga lingkungan sangat besar manfaatnya untuk generasi kita yang akan datang. Kali ini saya lebih menjelaskan tentang pelestarian udara. Udara merupakan unsur yang penting bagi kelangsungan hidup karena setiap makhluk hidup memerlukan udara. Tanpa adanya udara, kehidupan di muka bumi tidak akan pernah ada/berlangsung. Apabila kita menghirup udara yang tercampur oleh debu, asap kendaraan atau asap hasil limbah industri sangat berbahaya bagi tubuh kita. Udara yang kotor karena debu atau sisa hasil pembakaran membuat oksigen menjadi berkurang. Hal ini sangat disayangkan karena mengganggu kelangsungan hidup terutama kesehatan setiap makhluk hidup.

Berikut upaya yang bisa kita lakukan agar udara tetap terjaga :
  • Membuat kegiatan untuk menanam pohon atau tanaman hias di sekitar kita.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan karena kendaraan itu menghasilkan gas sisa pembakaran yang menyebabkan polusi.
  • Mengurangi pemakaian zat kimia yang bisa merusak lapisan ozon, contohnya parfum spray dan mesin pendingin. Lapisan ozon penting kita jaga agar tidak berlubang. Apabila lapisan ozon sudah berlubang maka akan membahayakan bumi.Ozon adalah gas beracun, apabila dekat dengan permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan menyebabkan kerusakan pada paru-paru.
  • Memperluas area hijau, jangan hanya sekedar membangun gedung-gedung mewah tetapi tidak memikirkan peran lingkungan yang sangat berarti untuk kita tempati.
  • Meningkatkan sosialisasi masyarakat tentang lingkungan bersih.
  • Memotivasi setiap orang akan kenyamanan lingkungan yang asri, indah, sejuk, dan bebas dari polusi. Biasanya jika orang sudah termotivasi, dengan sendirinya akan sadar untuk merawat dan menjaga lingkungan dan menjadikannya sebuah keharusan.
Mulai sekarang galakkan diri untuk mencintai lingkungan. Lingkungan juga butuh tangan kita untuk tetap terus terjaga. Dengan demikian, jika lingkungan kita rawat maka lingkungan juga akan menjaga kita. Coba saja, jika lingkungan yang sudah rusak, lama-lama unsur yang ada di dalam lingkungan tersebut juga tidak akan berfungsi dengan baik, yang ada malah menjadi bencana, seperti tanah longsor, banjir, dak bencana-bencana lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar