Translate

Minggu, 19 Juni 2016

Perilaku Jujur (12)

Perilaku terpuji merupakan ciri kepribadian yang sempurna. Seseorang dikatakan memiliki kepribadian yang sempurna apabila telah tertanam dalam dirinya sifat-sifat dan perilaku yang terpuji. Perilaku terpuji dapat juga dikatakan sebagai pondasi yang mampu mendasari  serta mengokohkan kepribadian suatu bangsa.
Jujur adalah kebenaran, yaitu sesuainya antara perkataan dan kenyataan yang ada dalam hati. Lawannya yaitu dusta, adalah sesuatu yang bertentangan dengan kenyataan. Perilaku jujur tidak hanya diwujudkan dalam ucapan tetapi juga dalam setiap tingkah laku dan perbuatan, bahkan untuk hal yang sekecil apapun. Kebingungan dan kecelakaan manusia berpangkal pada ketidaksadaran mereka atas dasar yang cukup jelas, itulah yang menyebabkan mereka jauh dari jalan yang lurus dan menjauhkan mereka dari kebenaran-kebenaran yang seharusnya mereka pegang.
Kebenaran  perkataan akan membawa kebenaran perbuatan dan kebaikan dalam seluruh tindakan. Kalau seseorang selalu berkata dan berbuat benar maka cahaya kebenaran itu akan memancar ke dalam lubuk hati dan pikirannya.
Kejujuran adalah ketenangan hati, artinya orang yang berkata jujur dalam hidupnya akan selalu merasa tenang, karena ia sudah menyampaikan apa yang sesuai dengan realita, dan ia tidak akan merasa ragu, karena ia yakin apa yang dikatakannya adalah benar.
Orang yang selalu memilih kebenaran atau kejujuran dalam tiap ucapan, tingkah laku, dan perbuatannya, maka akan menjadi suatu kebiasaan. Jika dari hal yang kecil saja sudah terlatih untuk jujur maka untuk urusan yang lebih besar dalam hidupnya pun akan terbiasa jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar