Translate

Sabtu, 18 Juni 2016

Bentuk Relasi Makna (02)

Relasi makna adalah hubungan semantik yang terdapat antara satuan bahasa yang satu dengan satuan bahasa lainnya. Relasi makna tersebut mengasilkan pemahaman mengenai suatu pengertian tententu sehingga proses interaksi sosial dapat terjadi. Berikut beberapa bentuk relasi makna :

  • Sinonim atau Sinonimi


Sinonim digunakan untuk kesamaan arti. Hal tersebut dapat dilihat dari kenyataan bahwa para penyusun kamus menunjukkan sejumlah kata yang memiliki makna yang sama.

  • Antonim atau Antonimi


Antonimi adalah oposisi makna dalam pasangan leksikal yang dapat dijenjangkan (Kridalaksana, 1982). Antonimi merupakan hubungan di antara kata-kata yang dianggap memiliki pertentangan makna.

  • Homonimi atau Homonim

Homonimi adalah beberapa kata diucapkan persis sama tapi artinya beda (Alwasilah, 1987: 150). Menurut Verhaar (1983: 395), homonim adalah hubungan di antara dua kata atau lebih yang bentuknya sama tetapi maknanya berbeda.

  • Hiponimi atau Hiponim

Chaer (2003: 305-306) mengatakan bahwa hoponimi adalah hubungan semantik antara sebuah bentuk ujaran yang maknanya tercakup dalam makna bentuk ujaran yang lain. Misalnya kata merak dan burung. Relasi hiponimi bersifat searah, bukan dua arah, sebab jika merak berhiponim dengan burung, maka burung bukan berhiponim dengan merak, melainkan berhipernim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar